Aspek hukum, T&C, dan konsep dari Aplikasi Gotrade untuk investasi saham US

Tulisan ini adalah ulasan lebih lanjut dari tulisan sebelumnya mengenai review interface aplikasi Gotrade

Apa sebenarnya Gotrade itu?

Gotrade disini berperan sebagai service provider layaknya makelar jasa yang juga di support oleh perusahaan lain. Kita disini berperan sebagai customer dari Gotrade yang menggunakan “jasa” aplikasi yang mencakup tools, deposit dana, charting tools, dan lainnya. Kalau di Indonesia, layaknya Stockbit http://stockbit.com lah ya.

Beberapa definisi antara kita dan beberapa pihak dalam Gotrade:

  1. Kita: adalah pelanggan atau customer pengguna jasa / services yang disediakan oleh Gotrade.
  2. Gotrade, atau TR8 Securities Inc. adalah perusahaan terdaftar dalam Labuan Companies Act 1990, Malaysia yang memiliki lisensi untuk menjalankan bisnis dalam aturan Labuan Financial Services Authority dan Securities Act 2010.
  3. Labuan Financial Services Authority adalah lembaga pengatur dan pengawas dari pemerintah Malaysia. Mempunyai peran seperti Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia.
  4. Rapyd adalah penyedia jasa pembayaran atau fintech-as-a-services platfrom.
  5. Alpaca Securities, LLC adalah perusahaan broker terdaftar dan anggota dari FINRA dan SIPC US yang menjadi broker saham kita. Transaksi jual beli melalui broker Alpaca ini. Gotrade bukanlah sekuritas.

Broker Alpaca – fintech startup yang menjadi broker kita

Alpaca, sejauh yang saya riset adalah perusahaan fintech yang memfasilitasi sistem broker untuk US Market. Gotrade sendiri adalah pelanggan dari jasa Alpaca tersebut. Alpaca memberikan jasa untuk perusahaan lain yang ingin membangun trading app berbasiskan bursa Amerika. Yang mau bikin aplikasi saingan Gotrade, noh bisa pakai Alpaca juga. Hehehe.

Alpaca memiliki sertifikasi dari FINRA dan SIPC yang artinya terdaftar dalam pengawasan lembaga keuangan disana. Alpaca ini sendiri yang akan membuka akun trading di market USA sana atas nama kita. Namun sejauh ini, saya belum mendapat notifikasi tentang detail akun saya seperti yang saya dapatkan dari sekuritas Indonesia (nomor SID dan detail lainnya beserta laporan kepemilikan bulanan).

Resiko bermasalah dengan broker

Untuk mengetahui apa yang akan terjadi jika terjadi pailit atau masalah hukum dengan broker Alpaca, kita harus memastikan isi pasal yang tercakup dari FINRA. Sampai saat ini saya belum mempelajari lebih lanjut tentang ini, tentu akan saya update dalam tulisan. Overall, resiko yang dihadapi sama dengan resiko di pasar saham Indonesia yaitu resiko loss dan liquidity. Korban-korban yang nyangkut di saham delisting toh tidak dibantu atau mendapatkan ganti rugi karena memang itu resiko di pasar saham.

Rapyd Financial Network – koordinator pembayaran dari/ke bank lokal

Untuk urusan transfer deposit atau withdraw ke bank lokal Indonesia atau metode pembayaran lainnya, Gotrade menggunakan jasa Rapyd. Rapyd Financial Network adalah perusahaan jasa fintech-as-a-service platform dari UK yang memudahkan pembayaran terintegrasi antara metode pembayaran lokal dalam satu API (Application Programming Interface). Rapyd inilah yang berperan dalam waktu transaksi deposit/withdraw yang cepat dari rekening bank lokal. Bacaan lengkap: https://www.rapyd.net/rapyd-services-agreement/

Pajak

Pajak capital gain dan dividend harus mengikuti kewajiban dan peraturan yang berlaku, dalam hal ini adalah ketentuan pajak USA. Pajak ini tetap harus dilaporkan dalam laporan pajak tahunan kita.

Capital gain tax

Warga Indonesia yang tidak mempunyai green card (artinya masuk dalam kategori nonresident aliens) tidak dikenakan pajak capital gain US yang di withold oleh broker. Namun bukan artinya kita tidak kena pajak, karena pajak negara Indonesia tetap berlaku yang masuk dalam kategori PPh.

Dividend tax

Untuk pajak dividen, dikenakan rate 30% dari dividen yang dikeluarkan oleh perusahaan USA. Namun untuk rate pastinya perlu dipastikan dengan broker terkait karena ada beberapa perjanjian antara USA dan negara tertentu yang memberikan rate yang lebih rendah.

Fractional shares disclosure

Order untuk saham fraksional (di bawah 1 lembar saham) akan dilakukan oleh Alpaca Securities yang artinya tidak akan ada sertifikat kepemilikan untuk saham di bawah 1. Jika diperlukan untuk transfer saham, saham fraksional harus dilikuidasi (dijual) sebelum ditransfer dalam bentuk mata uang. Hal ini berlaku untuk hak seperti voting dan penerimaan dividen, untuk saham fraksional tidak akan mendapatkan dvidien fraksional dalam bentuk cash maupun saham.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2021 Ronald Sukianto

One Reply to “Aspek hukum, T&C, dan konsep dari Aplikasi Gotrade untuk investasi saham US”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *