Gimana sih bikin SIM internasional di Jakarta?

Informasi di postingan ini menceritakan bagaimana proses pembuatan SIM internasional dan biaya yang sangat mudah dan cepat di Korlantas Polri Jakarta, Jalan MT Haryono.

Saya membuat SIM mobil dan motor, untuk kelengkapan dokumen saat roadtrip dengan motor di Thailand utara dan roadtrip Kalimantan Barat ke Kuching, Sarawak Malaysia menggunakan mobil Indonesia.

Datang kepagian, sarapan dulu di kantin Polri

Saat itu saya membuat SIM pada tahu 2018 akhir, kebetulan sedang ada perjalanan dinas melalui bandara Halim ke Jogjakarta, sekalian mampir ke Polri yang searah ke Halim. Karena penerbangan saya juga di pagi hari, saya ingin datang menyelesaikan urusan bikin SIM internasional sepagi mungkin sehingga datang pukul 7 pagi. Ternyata layanan belum buka dan saya terpaksa menunggu sambil sarapan di kantin lantai 2 dekat pos penjaga.

Alamat lokasi: https://goo.gl/maps/vARkyoWD3SwjCoom7

Operasional dibuka pukul 8 pagi.

Melengkapi syarat dokumen dan pas foto di fotokopi sekitar

Setelah dicek, saya ternyata kurang membawa pas foto (akan ditempel di SIM internasional) sehingga saya harus melakukan foto di tempat foto kopi sekitar. Untuk teman-teman yang lain, perhatikan jumlah foto yang di bawah sesuai ya sebanyak 3 buah untuk satu SIM. Jika membuat SIM mobil dan motor maka totalnya 6 buah. Selain itu dokumen seperti SIM asli dan KTP wajib dibawa ya, dan pastinya budaya kita – semua harus ada fotokopinya.

*kondisi pandemi memungkinkan pembuatan SIM internasional online, maka proses akan semakin mudah!

10 menit beres dan SIM jadi

Lokasi adalah gedung kecil dengan tulisan besar PELAYANAN SIM INTERNASIONAL di seberang pintu masuk dan pos penjagaan. Setelah melengkapi pendaftaran (tulis manual) dan kelengkapan dokumen di cek maka proses pembuatan SIM hanya memakan 10 menit. Cepat banget! Pelayanan SIM internasional merupakan salah satu pelayanan dokumen yang paling memuaskan dalam pengalaman pribadi saya.

Biaya yang diperlukan

Total biaya untuk satu jenis SIM internasional adalah 250 ribu Rupiah, saya sendiri membayar total 500 ribu Rupiah untuk SIM mobil dan motor.

Bisa dipakai dimana saja?

Dalam dokumen SIM, beberapa bahasa seperti Arab, Thailand, Malay, Inggris, Jerman, Spanyol, Perancis, Jepang, dan Mandarin. Namun perlu dipastikan apakah negara-negara tersebut bekerja sama dan mengakui International Driving PERMIT karena tidak semua negara masuk dalam perjanjian ini. Dua negara yang saya kunjungi yaitu Thailand dan Mayalsia termasuk ke dalam asosiasi negara yang mengakui permit ini.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2021 Ronald Sukianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *