Punya rekening bank lebih dari satu? Mengapa kamu memutuskan mempunyai banyak rekening? Harus punya rekening BCA karena kalau bisnis lebih gampang, kebanyakan orang pakai rekening BCA jadi tidak perlu kena biaya transfer. Dalam tulisan ini, saya akan bercerita mengapa kita perlu loyal ke satu bank.

Perjalanan perbankan saya

Saya sempat menjadi nasabah bank Maspion sejak umur 12 tahun sampai umur 17 tahun. Bank Maspion mengadakan edukasi di sekolah saya dan mengajar pentingnya menabung, kebetulan mereka juga membuka cabang di sekolah saya. Saya masih ingat saat itu, saldo saya ada di angka 500 ribu Rupiah yang dikumpulkan dari hasil menabung 10 ribu Rupiah dari uang jajan. Terima kasih Bank Maspion telah mengajari kebiasaan menabung.

Saat kuliah di ITB, kami dibuatkan rekening BNI 46 saat daftar ulang. Harapannya Taplus Muda tersebut dapat digunakan untuk kegiatan perbankan selama kita kuliah termasuk bayar uang kuliah. Sampai sekarang, 10 tahun sudah saya menjadi nasabah BNI. Taplus Muda telah berubah menjadi Taplus (saja). Saya sempat membuka rekening BCA karena kemudahan biaya transfer, namun saya akhirnya menutup rekening BCA karena tidak nyaman mempunyai lebih dari 1 bank. Namun pada akhir 2017 saya buka rekening Jenius (BTPN) yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas transfer ke semua rekening. Sampai sekarang saya menggunakan dua bank, Jenius untuk kemudahan penarikan uang di semua ATM dan gratis biaya transfer dan BNI sebagai bank utama saya. Bahkan untuk sekuritas saya pun memililh BNI Sekuritas. Saya juga pemilik Debit BNI Garuda dan sedang diberikan penawaran Kartu Kredit BNI Garuda Platinum. Saya adalah nasabah setia BNI.

Manfaat loyal ke Bank

  1. Yang paling utama adalah membangun kredibilitas finansial di bank tersebut. Semakin banyak kamu bertransaksi, menyimpan aset, mengajukan pinjaman, dan kegiatan perbankan lainya maka kamu akan semakin memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi di mata Bank. Tentunya ini dimulai dari kecil ya, mulai buka deposito sedikit, kartu kredit lancar, mungkin KPR yang juga lancar sampai penilaian tentang kamu akan baik di mata Bank. Jika kamu perlu fasilitas di masa depan, bank akan lebih percaya untuk memberikan itu kepada kamu karena kredibilitas kamu sudah terbukti. Contoh untuk apply credit card BNI, saya mendapat tawaran khusus sebagai salah satu nasabah untuk gratis pendaftaran BNI Garuda Platinum. Kebetulan saya juga baru ingin mulai mengumpulkan miles untuk terbang gratis, cocok!

2. Fasilitas ekstra sebagai nasabah loyal. Beberapa bank memiliki program loyalitas seperti BCA Prioritas atau BNI Emerald. Jika kamu masuk sebagai nasabah loyal maka kamu dapat mendapatkan fasilitas ekstra seperti lounge di bandara, diskon merchant, gratis tes IELTS, dan macam-macam tawarn lainnya. Tapi untuk menjadi nasabah kategori prioritas memang banyak yang perlu dipenuhi. Makanya selagi mengumpulkan nilai aset, loyal lah juga dari sisi masa aktif nasabah sehingga saat waktunya sudah siap menjadi nasabah prioritas.

3. Kemudahan permintaan kredit. Sayangnya saya belum pernah coba permintaan kredit/utang ke BNI namun berdasarkan cerita orang bahwa jika kamu semakin dipercaya oleh bank karena loyalitas dan histori kredit maka akan lebih mudah saat mengajukan kredit. Logisnya ya seperti itu.

Kenapa BNI? Target BNI Emerald

BUKU (Bank Umum Kegiatan Usaha) adalah kategori bank yang ada di Indonesia, dibagi berdasarkan modal inti. Level tertinggi adalah BUKU IV, dengan modal inti diatas 30 triliun Rupiah. Saat ini hanya ada enam bank yang masuk di kategori BUKU IV, yang bisa kita anggap sebagai bank top di Indonesia. Bank tersebut adalah BRI, Mandiri, BCA, BNI, CIMB Niaga dan Danamon.

BNI Emerald. Syarat masuk segmen priority banking Emerald adalah memiliki AUM rata-rata 3 bulan mulai dari 5 milyar sampai 15 milyar Rupiah. AUM mencakup saldo tabungan, deposito, dan rekening reksa dana.

Apa bank pilihan kamu? Semoga cepat jadi nasabah prioritas di bank pilihan ya!

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2020 Ronald Sukainto
You cannot copy content of this page