Nonton bola Liga Premier Inggris (EPL) di London

Tulisan ini menceritakan realisasi mimpi saya untuk menonton bola secara langsung di London, mendukung tim favorit saya, dan memberikan informasi ke teman-teman yang bertanya “berapa sih biaya karcis pertandingan bola liga Premier Inggris?” dan serunya menonton London derby yang dipenuhi gimmick-gimmick Persija vs Persib dengan cacian aksen British.

Saya pernah mengalamai long march of sorrow dari Wembley menuju tube station saat tim kesayangan dibantai 4-2 di London Derby.

Tim favorit saya dari London bagian utara

Saya merupakan penggemar dan penonton kompetisi sepakbola, terutama kompetisi negara-negara Eropa. Waktu SD saya mengagumi Alessandro Del Piero dan Juventus karena ikutan papa saya. Masih lekat di ingatan momen Juventus batal juara karena disalip AS Roma, karena kalah dari Perugia ditambah Gianluca Zambrotta kena kartu merah. Beralih dewasa saya mulai beralih ke EPL atau Liga Premier Inggris karena pamor Serie A Italia yang turun karena Juventus kena skandal calciopoli. Singkat kata, saya jatuh hati terhadap salah satu tim papan tengah yang membuat kejutan dengan masuk ke Liga Champion dan salah satu pertandingan bersejarahnya adalah comeback di San Siro markas Inter Milan. Tim yang berasal dari London, bukan Chelsea, Arsenal, West Ham, Crsytal Palace, QPR tetapi the lilywhites dari London Utara – Tottenham Hotspur.

Bagaimana membeli tiket pertandingan EPL? Harganya berapa?

Untuk memberikan gambaran kepade pembaca, saya coba rangkumkan biaya yang saya keluarkan untuk membeli tiket masuk pertandingan bola dengan beberapa variasi liga, waktu, dan tim yang bertanding. Untuk beberapa pertandingan populer, harga yang perlu dibayarkan akan jauh lebih mahal. Sedikit konteks: saat itu merupakan beberapa pertandingan terakhir sebelum White Hart Lane lama digusur dan dibangun stadion baru dan saat itu momen Spurs sedang melaju sangat baik di EPL (Dele Alli was on fire that time) dan tiket reguler sudah habis dialokasikan untuk season ticket holder. Season ticket holder adalah tiket langganan setahun yang memberikan hak bagi pemegang untuk menonton semua pertandingan kandang (dan hak prioritas untuk memesan kursi tandang/away) dengan biaya besar di awal. Tentunya biaya akan lebih hemat dibandingkan dengan membeli tiket setiap minggu, ya intinya seperti tiket terusan Dufan lah ya. Harga 90 GBP adalah harga yang diperjual belikan di marketplace penjualan tiket resmi (calo resmi) dengan kuota yang sangat terbatas. Walaupun biaya sangat mahal, saya memutuskan untuk membeli tiket untuk pengalaman terakhir kali merasakan atmosfer WHL sebelum dirubuhkan.

Sedangkan untuk liga-liga malam Jumat (EL) dan pertandingan nasional tiket jauh lebih murah, karena waktu yang kurang nyaman dan juga animo dan permintaan yang kurang dibandingkan EPL. Di pertandingan EPL terutama hari Sabtu atau Minggu, atmosfer kompetisi lebih terasa dengan barisan suporter berseragam dengan yel-yel khas. Pengalaman menyenangkan di hari Sabtu adalah berangkat dari rumah melalui stasiun bawah tanah selama 40 menit ke area pinggiran London bagian utara (Tangerang nya London), tidak lupa isi perut dengan burger khas seharga 5 pounds, berbaris cek tiket (sambil kadang diteriakin Son Heung Ming karena mata yang sipit), dan duduk di cuaca cerah London siang hari. Jika teman-teman harus memilih hanya satu pertandingan, wajib untuk menonton Liga Premier!

PertandinganPembelianHarga (GBP)WaktuLokasi
Liga Premier vs Watfordmarketplace secondhand90Weekend – siang hariWhite Hart Lane -tribun atas
Liga Premier vs Chelsea (London Derby)direct purchase website48Weekend – siang haritribun atas – Wembley
Europe League direct purchase website20Weekdays – malam haritribun atas – Wembley
National friendly / world cup qualifiers England vs Slovakiadirect purchase website20Weekdays – malam haritribun atas – Wembley
Liga Premier City vs Arsenal direct purchase website40Weekend – siang haritribun tengah – Etihad
tabel harga dan perbedaan

Ya, tiket EPL memang semahal itu (kecuali tiket Etihad karena biasanya tidak terlalu ramai). Untuk pertandingan big match semacam Arsenal vs City saja, saya tidak perlu berebutan karena tiket dapat dibeli langsung di website City. Berbeda dengan klub-klub lain yang relatif sangat terbatas, sangat mudah menonton pertandingan City. Well, antara marketing mereka yang canggih atau memang fans nya kurang banyak untuk mengisi Etihad ya. Hehehe.

pertandingan England vs Slovakia

Bagaimana ngantri keluar stadion?

saya salah satu di kumpulan orang yang mengantri dari Wembley ke tube station

Penasaran bagaimana puluhan ribu orang bisa keluar dari stadion tanpa ada kerusuhan? Ya, antrian sangat panjang bahkan sampai 40 menit hanya untuk mengantri keluar. Saya pernah merasakan rasanya sakit hati kalah di derby London dan harus mengantri masuk ke kereta selama 40 menit dan 40 menit dalam kereta ke rumah dengan perasaan sedih (flat saya ada di area West Kensington – sekitar 15 menit jalan kaki ke Stamford Bridge). Namun, polisi London sudah biasa mengawal dan mengatur traffic dari pertandingan sepakbola. Di beberapa pertandingan besar, kamu bisa melihat polisi berkuda! Jangan khawatir untuk masalah keamanan karena penjagaan disana sangat mumpuni.

Bagaimana pengalamanmu? Stadion mana yang pernah kamu kunjungi dan menjadi favoritmu? Share di comment ya.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2021 Ronald Sukianto

One Reply to “Nonton bola Liga Premier Inggris (EPL) di London”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *