Review Gotrade untuk invest saham dan ETF di New York Stock Exchange

Aplikasi Gotrade adalah aplikasi untuk membeli produk saham atau turunannya NYSE yang ditujukan untuk pengguna invidividu atau investor retail. Jumlah saham yang dapat dibeli pun dapat berupa fractional atau tidak 1 saham utuh.

Per April 2021, tidak ada biaya transaksi yang dikenakan. Hanya biaya tarik uang sebesar $12 per penarikan. Deposit melalui virtual account bank Indonesia (BNI, BCA, dsb), dalam hitungan detik dana sudah masuk dan siap digunakan.

Untuk mendaftar dan mendapatkan token 6$ kamu dapat gunakan kode invitation 785491 atau 021483. Total saya mendapat free $16 credit untuk membeli stock/ETF di aplikasi Gotrade (bulan April 2021).

Overall, saya sangat nyaman menggunakan aplikasi ini (yang konon mirip interface Robinhood) untuk membeli beberapa ETF dan saham TESLA.

FOMO dengan hype TSLA yang sering muncul di linimasa Youtube, saya penasaran ingin ikut dalam ‘spekulasi’ saham abang Elon Musk. Kenapa saya sebut spekulasi? Karena sampai sekarang pun Tesla masih belum menghasilkan profit namun harga saham sudah naik ratusan persen, nilai intrinsik pun masih belum jelas tapi itulah seni dari pasar saham dan dunia perbandaran. FOMO tersebut hanya saya pendam sampai saya mendapat informasi tentang Gotrade dari Youtuber Kevas Efander, yang memudahkan investor retail plankton seperti saya memuaskan dahaga untuk invest di NYSE.

Gotrade sendiri didirikan oleh anak bangsa Indonesia yang tinggal di Singapura, Norman Wanto bersama dengan co-founder Rohit Mulani. Informasi mengenai bagaimana Gotrade menghasilkan uang, mengapa tidak ada transaction fee dijelaskan dalam FAQ di aplikasinya. Inisiatif ini tentunya akan menjawab pertanyaan kita yang heran dengan aplikasi broker yang meng-gratiskan biaya transaksi, kalau begitu mereka mencari uang darimana? Sebagai pengguna aplikasi, tentunya saya akan lebih nyaman mengetahui bagaimana perusahaan service tersebut bekerja termasuk bagaimana cara mereka menghasilkan pemasukan, Dan untuk mendaftar ke Gotrade, mereka menerapkan invitation khusus seperti Clubhouse (semacam member get member tapi tanpa referral commission).

qsaZp1.md.png

Interface Gotrade sangat mudah dan intuitif, saya rasa kita tidak perlu panduan dan hanya perlu mencoba fitur-fitur dan menu dalam beberapa menit untuk menjadi familiar dengan aplikasi tersebut.

Beberapa fitur yang menyenangkan:

  1. Ketegori emiten berdasarkan hype dan tipe/sektornya. Contohnya untuk membeli saham emiten yang sejalan dengan misi sustainable technology futures kamu bisa membuka kategori COMBAT CARBON – berisi perusahaan yang bergerak di bidangnya masing-masing untuk mengurangi emisi karbon seperti Beyond Meat, GE, Tesla, First Solar, Nio dan sebagainya. Contoh lain untuk fintech, kamu bisa dengan mudah menemui teknologi-teknologi yang berperan dalam transisi sistem finance kita seperti PayPal, Square, dan lainnya.
  2. Membeli ETF. Jika kamu bingung memilih emiten tertentu, beli saja ETF (index fund yang diperjual belikan di bursa saham). Contohnya saya sendiri membeli MSCI Low Carbon Target ETF yang berisi puluhan emiten yang masuk dalam kategori low carbon MSCI index.
  3. Deposit yang sangat cepat! Saya tidak punya ekspektasi untuk deposit melalui bank Indonesia sebelumnya, yang ternyata dapat diterima dan masuk ke dalam dompet di bawah 30 detik. Saya transfer menggunakan virtual account BNI. Bahkan indopremier dan stockbit saja kalah cepat saat deposit cash.

Sudah seminggu saya menggunakan Gotrade dan overall sangat puas dengan performa dan servicenya. Gotrade sendiri saya gunakan untuk investasi non-trading ya, jadi saya menabung dengan metode DCA dari budget bulanan saya untuk membeli ETF S&P, Low Carbon, ARK Fintech, dan TESLA! Jika kamu ingin trading, tidak disarankan menggunakan ini, karena ada batasan jumlah trading dalam sehari. Selamat mencoba.

*Update setelah pemakaian sebulan

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2021 Ronald Sukianto

2 Replies to “Review Gotrade untuk invest saham dan ETF di New York Stock Exchange”

    1. Betul memang mahal sekali withdrawal fee nya, di bagian FAQ mereka sudah jelaskan kenapa biayanya mahal karena itu cara mereka making money disaat mereka tidak ambil commission fee. Memang harus lihat lagi kalau return nya gak sebanding dengan biaya-biaya jadinya boncos, perlu diperhatikan juga exchange rate yang cukup tinggi. Jadi gotrade itu ngambil untung disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *